BEM Universitas
Universitas Muhammadiyah Malang
BEM Universitas
Universitas Muhammadiyah Malang

Nawa Cita dan Program Unggulan BEM UMM 2016/2017

 

NAWA CITA BEM – UMM

1.     MEMBANGUN KESADARAN AKADEMIK, BERSAMA MAHASISWA DAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA  MERESPON PERMASALAHAN ATAU ISU-ISU YANG BERSKALA INTERNAL KAMPUS, LOKAL, REGIONAL, NASIONAL, MAUPUN INTERNASIONAL DALAM RANGKA MENDORONG PERUBAHAN.

2.     KONSOLIDASI GERAKAN MAHASISWA DENGAN MEMPERKUAT HUBUNGAN SECARA KELEMBAGAAN DEMI TERWUJUDNYA LINGKUNGAN YANG AKADEMIS.

3.     MENGOPTIMALISASI RUANG-RUANG DIALEKTIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SECARA KULTURAL DALAM  MEMBENTUK KEPRIBADIAN YANG CERDAS INTELEKTUAL, CERDAS EMOSIONAL, DAN CERDAS SPRITUAL.

4.     VISIONER,  Memiliki pandangan jauh kedepan untuk mencapai tujuan dan impian masa depan .

5.     INTEGRITAS, Selalu konsisten dan memiliki keteguhan dalam mengemban amanah yang menjadi tanggung jawab.

6.     MILITAN, Memiliki semangat yang tinggi dalam menyelesaikan tugas.

7.     PROGRESIF, Menjadi motor penggerak dalam berkarya untuk selalu berusaha melakukan perbaikan-perbaikan yang mendorong semangat berkemajuan.

8.     LOYALITAS TANPA BATAS, Tidak terbatas ruang dan waktu untuk selalu memiliki keteguhan dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab.

9.     #DedikatifProgresif, Adalah sebuah tagline sebagai simbol identitas Fungsionaris BEM UMM dalam kabinet HEBAT yang selalu berkerja keras dalam berkarya, wujud gerakan mahasiswa yang selalu berkobar, melebur dengan siapapun, di manapun untuk mendorong perubahan sehingga terwujudlah UMM yang berkemajuan.

 

PROGRAM UNGGULAN

1. UMM Festival Project and Edufair

  • Merupakan rangkaian agenda yang akan dilaksanakan BEM UMM berupa festival project dan edufair. Edufair itu sendiri merupakan kegiatan sharing prospek kerja dengan mengundang para alumni (konsultan publik, politik, psikologi, bisnis dan lain-lain) ataupun tokoh nasional yang telah sukses dalam berkarya. Diharapakan, edufair menjadi sebuah sarana untuk memberikan ruang masa depan kepada siapapun yang ingin berjejaring dalam mengembangkan minat dan bakat untuk prospek kerja masa depan.

 

  • Tidak hanya sampai di sana, pengembangan minat dan bakat akan lebih dikembangkan lagi dalam kegiatan Festival Project. Kegiatan ini akan menyentuh ruang belajar yang komplit mulai dari sosial, ekonomi, budaya, seni, dan lain sebagainya sehingga pengembangan minat dan bakat dapat menyentuh segala aspek keilmuan dan nilai intelektualitas dengan melibatkan seluruh elemen mahasiswa di UMM. Rangkaian program ini akan mampu menjawab tantangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan.

2.     Gerakan 1000 Program Kreatifitas Mahasiswa

  • Mahasiswa adalah aktor perubahan yang harus mampu berkarya dengan gagasan dalam mengembangkan keilmuan yang dimiliki sehingga memiliki nilai manfaat untuk lingkungan sekitarnya. Hal ini sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin kedua yaitu penelitian. Pentingnya BEM UMM menyelenggarakan agenda ini ialah untuk membuka ruang sebagai bentuk ekspresi minat dan bakat mahasiswa agar menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk naskah yang kemudian akan membawa mahasiswa untuk mencapai prestasi gemilang dan dapat mengharumkan nama baik kampus kita tercinta. Jika program ini tercapai, diharapkan PKM yang dibuat secara masif oleh mahasiswa bisa meraih juara di tingkatan Nasional sehingga secara langsung dapat meningkatkan posisi UMM dalam clustering Dikti yang sebagian besar poin penilaiannya adalah jumlah kemenangan dalam PIMNAS tersebut.

3.     Riset & Bina Desa

  • Mahasiswa harus ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa. Jargon Tri Dharma Perguruan tinggi harus dituangkan dalam bentuk tindakan sosial yang nyata kepada masyarakat. Hal ini mendasari BEM UMM merancang sebuah kegiatan besar yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya poin ketiga untuk mendorong perubahan kepada masyarakat dalam bentuk  pengabdian, pembinaan, dan pengembangan sesuai  dengan apa yang dibutuhkan oleh desa dan masyarakat tersebut. Harapannya, mahasiswa dapat berpikir kritis dan pandai melakukan analisis dalam bentuk riset yang bersifat ilmiah serta berbasis data, baik sebelum maupun sesudah melaksanakan pembinaan sebuah desa dan masyarakat. Pada akhirnya, mahasiswa akan sadar akan perannya sebagai agen sosial dan agen perubahan yang nyata.

Mimpi dan cita-cita besar BEM UMM hanya akan menjadi angan bila tidak diusahakan dengan semangat dedikasi yang progresif dan nyata untuk senantiasa amanah dalam mengemban dan melaksanakan tugas. Mimpi dan cita-cita inilah yang apabila kelak berhasil, akan menjadi catatan sejarah baru BEM UMM untuk mendorong perubahan ke depan sehingga peran dan fungsi kami sebagai mahasiswa akan terjawab seutuhnya. Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat,  Hidup Buruh Tani, Salam Kabinet Hebat!

Shared: